TUGAS PENGANTAR BISNIS
JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami
dapat menyelesaikan makalah tentang Trend Bisnis Online Marketing. Dan juga
kami berterima kasih pada Ibu Fitria selaku Dosen mata kuliah Pengantar
Bisnis yang telah memberikan tugas ini
kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat
berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang Trend
Bisnis Online Marketing. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah
ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami
berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami
buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa
saran yang membangun.
Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat
kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan
kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Pada zaman yang sudah modern sekarang ini,
Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini.
Salah satunya ialah penggunaan SMARTPHONE yang makin diminati dan semakin
meningkat setiap tahunya. Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses
dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin
mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat,
bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya
rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas –
fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam
berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.
Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan yang
menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan
mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat
ini. Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam
keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita
dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk
dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di
dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online
shop.
Berbagai macam barang bisa kita dapatkan
secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita
beli secara online melalui internet. Namun dibalik larisnya barang-barang yang
dijual secara online tidak terlepas dari peran layanan online shop. Oleh sebab
itu kami para penyusun ingin sekali berbagi apa yang telah kami pelajari supaya
para pembaca bisa mendapatkan pencerahan dari penulisan ini.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Pemasaran Online
2. Manfaat Pemasaran Online
3. Kelebihan dan kekurangan Pemasaran Online
4. Contoh penggunaan Pemasaran Online
1.3
Tujuan
1. Untuk memberikan informasi mengenai trend
bisnis online marketing
2. Untuk melengkapi dan memenuhi tugas
pengantar bisnis
1.4
Manfaat
1. Memberikan informasi tentang trend bisnis
online marketing
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pemasaran Langsung
A.
Pengertian Pemasaran Langsung
1. Merupakan komunikasi langsung dengan
pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh tanggapan
segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung lama.
2. Model bisnis yang langsung ke pelanggan (direct-to-customers
bussines model).
- Harga wajar untuk kenerja tinggi.
- Kostumisasi.
- Layanan dan dukungan.
- Nilai yang unggul bagi pemegang saham.
B.
Manfaat Pemasaran Langsung
Manfaat
bagi pembeli :
- Nyaman.
- Akses dan pilihan produk yang lebih besar.
- Interaktif dan segera.
- Memberi akses ke banyak informasi.
Manfaat bagi
penjual :
- Merupakan alat yang ampuh untuk
pembentukan hubungan dengan konsumen.
- Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau
calon pelanggan pada saat yang paling tepat.
- Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan
dan efisiensi.
- Fleksible.
- Medium Global.
C.
Basis Data Pelanggan ( Customer Database)
Merupakan
kumpulan yang terorganisasi atas data yang menyeluruh tentang pelanggan / calon
pelanggan individu, yang meliputi data geografis, demografis psikografis dan
perilaku. Pemasaran berdasarkan Basis Data (database marketing) adalah proses
membangun, memelihara dan mengunakan basis data pelanggan dan basis data lain
(produk, pemasok) dengan tujuan melakukan kontak dan transaksi dengan
pelanggan.
Perusahaan-perusahaan
mengunakan Basis data dalam 4 cara :
1. Mengidentifikasikan calon pelanggan.
2. Memutuskan pelanggan mana yang akan
menerima tawaran khusus.
3. Memperdalam kesetiaan pelanggan.
4. Mengaktifkan kembali pembelian pelanggan.
Bentuk-bentuk Pemasaran
Langsung
1. Pemasaran tatap muka.
2. Pemasaran jarak jauh.
3. Pemasaran melalui surat langsung (faks,
e-mail, voice mail)
4. Pemasaran melalui katalog (merupakan Pemasaran Langsung
melalui katalog cetak, video, elektronik yang dikirim kepada pelangan pilihan;
disediakan dipresentasikan secara online).
5. Pemasaran melalui Televisi yang
menghasilkan tanggapan langsung (direct response television marketing).
- Pemasangan iklan tanggapan langsung
(direct response advertising)
- Saluran belanja dari rumah (home shopping
channel).
2.2
Pemasaran Online
Pemasaran
Online adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu
produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf
'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran
yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan
terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan
huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang
beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan
mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui
bahwa sebagian besar program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang
dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk
orang atau badan tertentu saja.
Pemasaran Online
dilakukan memalui system komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli
dan penjual secara elektronik. Ada (dua) jenis saluran pemasaran online :
1. Layanan Online Komersial, Internet layanan
yang menawarkan informasi dan layanan pemasaran online kepada pelanggan yang
membayar biaya bulanan, seperti America online, Compuserve dan Prodigy.
2. Internet, Web global jaringan komputer
yang luas dan berkembang pesat yang tidak mempunyai manajemen dan kepemilikan
sentral.
A.
Pertumbuhan Pemasaran Online
Perdagangan
elektronik (E-Commerce) adalah istilah umum untuk proses pembelian dan
penjualan yang didukung oleh sarana elektronik.
Konsumen Online
Konsumen online adalah penguna internet.
Cara melakukan pemasaran online:
1. Menciptakan kehadiran online elektronik
Cara ini bisa dilakukan dengan dua cara
yaitu
a.
Membeli ruang dilayanan online komersial.
b.
Membentuk situs internet sendiri misalnya dengan Situs
Internet Perusahaan (corporate Web Site), Situs Internet Pemasaran (marketing
Web Site)
2. Menempatkan Iklan Online, merupakan iklan
yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online / situs internet
yang mempunyai papan iklan, jendela timbul tengelam, ticker, roadblock.
3. Berpartisipasi dalam forum, kelompok
berita dan masyarakat internet.
4. Mengunakan E-mail dan Webcasting, Yang
dimaksud dengan webcasting adalah pen-download-an secara otomatis
informasi-informasi yang diminati yang sudah dikotumisasi ke PC si penerima
yang membuat saluran yang menarik mampu mengirimkan pemasangan iklan internet /
informasi lain.
Peluang dan Tantangan Pemasaran Online
Peluang Pemasaran
online adalah menjadi model bisnis yang penuh dan lengkap dengan beberapa
perusahaan.
Tantangan pemasaran online :
1. Keterpaparan dan pembelian konsumen yang
terbatas.
2. Demografis dan psikografis pengusaha
menjadi menyimpang.
3. Kekacauan dan kesemrawutan.
4. Keamanan.
5. Kepedulian etis.
Pemasaran Langsung Terpadu (Integrated Direct Marketing)
Merupakan kampanye
pemasaran langsung yang mengunakan sarana dan tahap ganda untuk memperbaiki tingkat
tanggapan dan laba. Kebijakan Publik dan Isu Etis dalam Pamasaran Langsung. Gangguan,
ketidakjujuran, penipuan dan kecurangan.
B.
Manfaat Internet Marketing
1.
Tidak
terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam.
2.
Menjagkau
pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara.
3.
Mengurangi
biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak
perlu brosur, spanduk, dan sebagainya.
4.
Memudahkah
pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi
interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email
5.
Strategi
pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi
persaingan.
C.
Kelebihan dan Kekurangan Internet
Marketing
Kelebihan
1. Internet marketing tidak dibatasi oleh
geografi.
Ketika anda ingin mempromosikan sebuah
produkini di internet,produk anda bisa menjangkau jauh ke belahan bumi lain
dengan cepat. Internet marketing bisa melewati batas laut, darat, dan udara.
2. Internet marketing adalah metode
periklanan yang paling murah.
Anda bisa mengenalkan produk anda lewat
social media ataupun email kepada calon pelanggan anda.
3. Dengan Internet marketing anda membangun
profil dan kredibilitas anda sebagai marketer.
4. Tidak ada yang terbuang percuma.
5. Pemasaran online bisa langsung mengenai
sasaran.
6. Data dan statistik promosi, pemasaran anda
sangat jelas.
7. Anda bisa memberikan link promosi produk
anda ke wabsite lain
8. Brand produk ata perusahaan anda semakin
kokoh di dunia maya
Kekurangan
1. Sangat ergantung dengan jaringan Internet
2. Pelanggaran hak cipta
3. Orang enggan membeli secara online
4. Masalah pengiriman barang
5. Kepercayaan konsumen
D. Contoh Penggunaan Internet Marketing
1. Mint.com
Ketika Mint.com, startup personal
finance dilaunch di tahun 2006, langsung berhadapan head to head dengan
kompetitor startup seperti wesabe dan kompetitor pemain lama Quicken. Tiga
tahun kemudian, Mint.com menjadi leader dalam online personal finance.
Mint sukses karena strategi user
adoptionnya menggunak strategi konten yang cerdas, berbeda dengan corporate
blog pada umumnya yang “setengah hati”, blog milik Mint.com “MintLife” menjadi
bagian penting dari operasional Mint.
Mint mendedikasikan resource yang
cukup signifikan untuk blognya, termasuk editorial full time dan banyak
kontributor freelance. Minta
menginvestasikan waktu untuk social news site seperti Reddit dan Digg. Setelah
berbulan-bulan membaca konten yang konsisten dari Mint, pembaca mulai membangun
kepercayaan kepada Mint sebagai sumber yang berkualitas tinggi, reliable dan
baik untuk di-share yang kemudian menjadi customer Mint dan merekomendasikan
Mint kepada networknya.
Berita dan tips, slideshows, video dan inforgrafis adalah bagian penting
dari strategi konten Mint. Mereka memiliki standar editorial yang tinggi.
Dengan menjadi smart resource yang mudah diakses oleh orang-orang yang ingin
tahu tentang keuangan pribadi, Mint bisa me-leverage kredibilitas kontennya
untuk meng-convert reader menjadi buyer dari produk utamanya. Mint sering disebut
sebagai contoh dari konten marketing yang sukses. Beberapa point lesson
learned dari Mint adalah :
-
Mendedikasikan sumber daya untuk konten (baik itu
outsource atau in house).
- Standar editorial tinggi untuk setiap
konten (text, video, gambar).
- Membagikan konten melalui social media.
- Ingat konsistensi dan kesabaran dalam
membangun audience.
2. Hubspot
Pembuat marketing platform,
Hubspot, tahu betul apa arti content yang baik untuk marketing.
Cofounder Hubspot Dharmesh Shah mengatakan bahwa penggunanya yg secara
rutin memposting blog memiliki jumlah leads 6 kali lebih banyak dibandingkan
yang tidak.
Tentu saja itu masuk akal karena
hubspot banyak membuat content marketing. Mereka membuat video, studi kasus,
podcasts, seminar web, dan ebook untuk audience mereka, yang digunakan untuk
mempromosikan bisnis mereka. Edukasi seperti itu membantu pengguna Hubspot
menggunakan platformnya dengan lebih efektif, dan juga membuat Hubspot
mendapat pengguna baru untuk setiap content yg mereka publikasikan.
Hubspot memiliki 4000 pengguna. Cara mereka yang paling utama untuk
mendapatkan pengguna tentu saja dengan content marketing yang membuat tingkat
konversi menjadi lebih baik.
Apa yang kita dapat pelajari dari Hubspot ?
- Lebih baik membuat content yang
berkualitas daripada membuat
content
yang panjang dan banyak.
- Publikaskan berbagai macam content. Jangan
batasi content Anda untuk satu tujuan.
-
Jangan hanya membuat content tentang diri Anda sendiri.
Buatlah content yang berguna bagi audience Anda.
3. American Express
Sejak kapan perusahaan kartu kredit menjadi media company? Itu telah
terjadi sejak beberapa tahun lalu ketika American Express menggunakan
expertisenya di bidang bisnis dan keuangan menjadi actionable content untuk
entrepreneur – sebuah bagian market yang cukup influential bagi Amex – melalui
OpenForum.com.
BAB
III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Bisnis adalah
suatu kegiatan yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis
lainnya, untuk mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis
berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti
“sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki
oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan
kemakmuran para pemiliknya.
Bisnis
memiliki pemasaran yang dibagi menjadi dua yaitu pemasaran langsung dan secara
online. Karna teknologi semakin canggih para pebisnis sekarang melalui
pemasaran secara online, banyak manfaat yang kita dapat salah satunya tak perlu
harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud
‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer,
dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli
secara cepat dan nyaman.
3.2
Saran
Saran yang
bisa kami sampaikan dalam berwirausaha harus memiliki keinginan yang kuat dan
menerima segala resiko yang ditempuh. Bahwa untuk memulai bisnis tidak seperti
sulap, nikmati saja prosesnya, pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti
menggali, karena emas ada satu jengkal lagi.
Jangan sampai
kita kalah saing dalam pemasaran online juga karna semakin banyak marketing
lewat online semakin banyak lawan kita di dunia pemasaran online.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar